3 Langkah Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Bagi Pemula


Apakah Anda sedang galau bingung cara memulai sebuah usaha? Mau mulai dari mana?

Atau apakah Anda sedang mencari peluang bisnis yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda?

Atau Apakah Anda memang sedang mencari sebuah bisnis yang akan Anda jadikan sebagai pengahasilan utama Anda?

Tak usah risau.. Karena Anda tidaklah sendirian... 

Di luar sana atau bahkan di lingkungan sekitar kita ada banyak orang yang memikirkan hal serupa dengan Anda.

Nah.. oleh karena itu, izinkan saya berbagi sedikit pengalaman kepada Anda dan semoga Anda bisa mendapatkan inspirasi dan bisa segera memulai bisnis baik offline atau online setelah membaca tulisan saya ini.

3 Langkah ini cukup sederhana, dan langkah inilah yang dulu saya lakukan ketika saya hendak memulai sebuah usaha. Apa saja 3 langkah itu?

1. Bagunlah Mindset yang Benar
Kenapa langkah pertama adalah membangun mindset yang benar? Karena ketika di awal sudah salah mindset, maka ke depan akan membuat bisnis Anda tidak berkembang, atau bahkan mati di tengah jalan.

Kok Bisa Mas?

Iya.. bisa sekali. Ingat!!! Mindset yang benar ini wajib dimiliki oleh semua pebisnis. Jangan sampai terjadi di kemudian hari, kita sudah berhasil membangun sebuah bisnis, tapi melupakan hal-hal yang sebenarnya jauh lebih penting.

Buatlah sebuah pertanyaan mendasar. Buat apa Anda berbisnis? Sekedar cari uang saja atau ada hal lain yang lebih utama? Jangan sampai saking sibuknya berbisnis, lupa beribadah. Saking sibuknya berbisnis, lupa waktu berkumpul dengan keluarga.

Tanmakan dalam pikiran kita bahwa kita memulai bisnis adalah tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan saja, tetapi agar bisa memberikan manfaat lebih banyak bagi sekitar dan bisa beribadah dengan maksimal. Setuju?

2. Mau Jualan Produk Apa?
Poin 2 ini juga penting lho... Mindsetnya sudah benar, tapi ga tau mau jualan apa.. Ga lucu kan? Hehe..

Nah.. di poin 2 ini juga seringkali banyak orang yang salah langkah, termasuk saya dulu ketika baru mulai bisnis.

Kesalahan saya waktu itu adalah tidak melakukan riset produk terlebih dahulu. Saya mencari produknya dulu, baru mikir mau dijual kemana dan dijual kepada siapa. Alhasil.. Zonk... ga dapat apa-apa.. Untung Cuma jadi makelar, ga stok produk sama sekali. Tapi tetep rugi waktu dan tenaga.

Nah.. Makanya sebelum Anda mulai bisnis. Cobalah riset kecil-kecilan.

Pertama, carilah produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga pasarnya memang sudah ada. Misalkan masyarakat itu butuhnya sembako, tapi Anda malah jualan action figur. Ya ga nyambung bos.. Apa ga bisa laku mas? Ya bisa aja.. Tapi perputarannya jadi lambat. Padahal kalo bisnis, pastinya pengen yang cepet muter kan uangnya? Iya apa iya?

3. Harus Punya Mentor & Kominitas yang Positif
Nyari mentor bisnis itu wajib mas? IYA... Jika Anda mau segera berlari bisnisnya, tidak terlau sering trial and error. Jika Anda baru mulai, dan tidak punya mentor, dan dalam perjalannya kok sering stag, sering buntu, maka kemungkinan untuk berhenti akan lebih besar. Ole karena itu, mentor bisnis itu SANGAT PENTING.

Pengalaman memang guru yang baik, tapi pengalaman orang lain adalah guru yang terbaik. Anda tidak perlu jatuh di lubang yang sama saat memulai bisnis. Ikuti aja instruksi dan saran mentor anda. Jangan ngeyel.. hehe..

Selain itu, Anda juga harus punya komunitas positif, fungsinya untuk saling support. Jadi ketika Anda sedang galau, komunitas Anda itu bisa menajdi penyemangat kembali. Sering bertemu dengan orang-orang positif akan membuat Anda selalu optimis.

Mungkin itu dulu ya.. Semoga bermanfaat..

Silakan dishare jika dirasa bermanfaat..  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Langkah Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Bagi Pemula"

Posting Komentar