Ingin Punya Bisnis Sendiri? Wajib Punya 9 Prinsip Ini

Apakah Anda termasuk orang yang sudah ngebet ingin membuka usaha tapi masih bingung mau mulai darimana? Jika Anda ingin punya bisnis sendiri, maka Anda wajib punya 9 prinsip ini. Oke deh. Tanpa panjang lebar lagi, ayo kita sama-sama BONGKAR 9 prinsip ini!

Ingin Punya Bisnis Sendiri? Wajib Punya 9 Prinsip Ini

Prinsip 1: Now or Never!
Prinsip pertama ini menekankan pada semua pebisnis yang ingin membangun bisnis sendiri, bahwa sebenarnya pembelajaran paling penting dalam berbisnis adalah “pengalaman real!” Ya! Pengalaman nyata di lapangan langsung. Akan lebih baik jika kita sudah membaca berbagai buku bisnis, mengikuti beragam seminar, dan lain sebagainya. Tapi tetap pembelajaran paling utama ada pada aksi nyata. Bagi Anda yang terbesit untuk membuka bisnis sendiri, tidak ada waktu yang tepat selain sekarang. Yap, let’s start Now or NEVER!

Prinsip 2: 99% Fail, 1% Success
Ingatlah prinsip ini. 100% orang ingin diri mereka sukses, namun hanya 1% yang mendapatkannya. Kenapa? Karena yang 1% itulah yang tidak menyerah. Tahukah Anda bahwa walaupun memiliki usaha sendiri itu enak, tetapi sebenarnya menjadi wirausahawan adalah sebuah pekerjaan yang sangat berisiko? Nah, di siniliah kemudian prinsip itu diuji. Jika memang serius ingin menjadi pengusaha sukses, jangan menyerah. Jadilah yang 1% itu.

Prinsip 3: Harus Percaya Diri!
Ini dia yang seringkali menjadi penghambat mereka yang ingin membangun bisnis. Ga pede! Selalu saja ada alasannya. Bagaimana jika terjadi ini? Bagaimana jika terjadi itu? Bagaimana jika kuliah ga selesai? dan sebagainya. Sebenarnya itu karena kita ga pede aja sih. Mau mulai membuka usaha sendiri? Pede aja lagi! Yuk, dimulai! 🙂

Prinsip 4: Jangan Lupa untuk Berbagi
Orang biasanya berpikir terbalik. Punya dulu, baru berbagi. Sehingga jika kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan, biasanya kita tidak ingin berbagi. Nih, saran saya walaupun kita masih mau memulai usaha, tapi bersikaplah seolah-olah bahwa kita adalah pengusaha sukses luar biasa. Dengan berbagi kepada orang lain, itu memberikan sinyal ke kehidupan bahwa kita adalah orang yang berlimpah. Itu akan membantu kita untuk mendapatkan keberlimpahan di masa yang akan datang.

Berbagi tidak hanya berupa uang loh. Bisa juga berbagi ilmu yang bermanfaat, berbagi nasihat, atau hal lainnya. Mereka yang sering berbagi, maka akan mendapatkan banyak sekali kemudahan dalam hidupnya. Coba deh! Hehe..

Prinsip 5: Cari Mentor yang Sesuai
Nah, ini dia! Sebagai pengusaha yang baru mau memulai usaha, alangkah baiknya kita tidak perlu mengulangi kembali kesalahan-kesalahan dalam bisnis bukan? Ya, salah sih boleh, tapi kalau mengulangi kesalahan yang sama kan sayang di waktunya, hehe. Maka dari itu di sinilah pentingnya mentor. Di mana mencari mentor? Gampang! Salah satunya adalah rajin ikut komunitas. Anda juga bisa mencari mentor di tempat lain atau misalkan dari kerabat dekat atau sahabat yang sudah sukses dalam memulai bisnis. Punya mentor akan memudahkan pengembangan bisnis karena ada yang menuntun dan membimbing.

Prinsip 6: Eksis di Dunia Maya
Coba lihat sekarang ini adalah era social media! Orang bisa dengan mudah berbagi dan menebar manfaat. Bahkan mereka bisa dengan sangat mudah memasarkan produk mereka. Kenapa harus eksis di dunia maya? Karena sekarang ini orang sudah sangat banyak memanfaatkan media ini. Bahkan, dunia maya, internet, social media itu bisa menjadi sarana pemasaran dan iklan gratis. Tapi ingat, jangan terlalu banyak nge blast ya. Orang ga suka lho, hehe.. Maksudnya adalah manfaatkan dunia maya itu untuk memperkuat branding.

Prinsip 7: Bergabung dengan Komunitas
Terutama untuk mahasiswa nih biasanya, jika memang benar-benar serius ingin bikin usaha maka bergabunglah dengan komunitas. Siapa tahu di komunitas ini juga Anda bisa menemukan mentor yang tepat.

Prinsip 8: Rata-Rata 5x Gagal Sebelum Sukses
Tanyakan kepada mereka yang saat ini usahanya sudah sukses. Jika ditelusuri, rata-rata dari mereka sudah gagal lebih dari 5x. Kalau kita ingin mengambil contoh ekstrim, mungkin kisah Kolonel Sanders KFC lah yang fenomenal, di mana dia tidak menyerah untuk menawarkan resepnya ke restoran yang ke 9997.

Prinsip 9: Kreatif. Jadilah Berbeda
Salah satu prinsip mutlak dari mereka yang ingin membuka usaha sendiri adalah bertanya kepada diri sendiri, “Apa perbedaan saya dengan yang lain?” “Apa perbedaan produk/layanan saya dibandingkan yang lain?” Saat ini pengusaha-pengusaha muda dan pemula terus bermunculan. Persaingan pun semakin lama semakin ketat. Di sinilah Anda harus terus menjadi kreatif dan membuat sebuah ‘perbedaan’ antara diri Anda dengan yang lainnya. So, think without the box”. Berpikir dan jadilah berbeda. Jika ingin lebih kreatif, Anda bisa membaca tulisan saya tentang bagaimana berpikir dengan lebih kreatif.

Bagaimana pendapat Anda? Adakah prinsip lain yang penting dan tidak boleh dilewatkan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Punya Bisnis Sendiri? Wajib Punya 9 Prinsip Ini"

Posting Komentar